Home » » perbedaan antara ilmu dengan pengetahuan itu apa

perbedaan antara ilmu dengan pengetahuan itu apa

Written By Unknown on Sabtu, 05 Januari 2013 | 01.34

apa bedanya ilmu dengan pengetahuan? pertanyaan ini dijawab oleh seorang guru ngaji dengan jawaban bahwa "ilmu itu harus teruji kebenaranya, objektif, sistematis dan logis atau masuk akal. sedangkan pengetahuan itu hanya sekadar perkiraan dan tidak harus teruji kebenarannya namun dalam pengetahuan harus ada kesepakatan". itulah perbedaan antara ilmu dengan pengetahuan. jika ada perbedaan mestinya persamaan juga harus tersedia, oleh karena itu apakah persamaan antara ilmu dengan pengetahuan itu? pertanyaan ini akan kucoba jawab dengan logika sendiri tanpa menghubungkan-hubungkan dengan pendapat orang lain, karena ingin mengukur sejauh mana kekuatan logika seorang penulis ini.

baiklah, persamaan antara ilmu dan pengetahuan itu adalah sama-sama ingin mengungkap hakikat sesuatu, terlepas apakah sesuatu itu bersifat baik atau buruk. antara kebaikan dan keburukan bisa dibedakan melalui sebuah ilmu atau pengetahuan. hubungan antara ilmu dan pengetahuan adalah merupakan umum khusus min wajhin, yaitu setiap ilmu sudah pasti pengetahuan, tapi tidak semua pengetahuan bisa dikategorikan sebagai ilmu, sebab pengetahuan itu bersifat umum, sedangkan ilmu bersifat khususu. jelas berbeda antara umum dengan khusus.

untuk membedakan antara ilmu dengan pengetahuan itu tentunya harus melalui ilmu, karena tanpa ilmu sebuah perbedaan tidak akan terungkap. jadi betapa pentingnya penguasaan ilmu itu karena ilmu merupakan tolak ukur antara sesuatu dengan sesuatu lainnya
Share this article :

0 komentar:

Posting Komentar

 
Selamat: Membaca | Semoga | Bermanfaat
Copyright © 2013. Blog Kriydal - All Rights Reserved
Blog ini (Kriydal) Hanya Untuk
Menghilangkan Kejenuhan Dan Kebodohan